Mengapa Anda Harus Memiliki Rumah Dengan Desain Minimalis

Memiliki rumah minimalis juga akan membantu seseorang untuk belajar akan menyortir barang mana yang memang dapat digunakan.
(Source: www.pexels.com)

Zaman sekarang, memiliki rumah dengan desain minimalis sepertinya sedang naik daun. Tidak hanya rumah dengan desain minimalis akan memberikan kesan rapih, tetapi juga akan membuat rumah tampak lebih bersih karena perabotan yang terdapat dalam interiornya tidak terlalu banyak. Sehingga rumah dengan desain seperti itu akan memiliki banyak ruang untuk bergerak.

Biasanya, masyarakat Indonesia memiliki rumah dengan gaya perumahan tradisional yang penuh dengan barang-barang. Entah semua barang memiliki fungsi dan masih dapat digunakan, atau hanya sebagai koleksi saja. Meskipun mungkin kumpulan barang atau clutter tersebut dapat memperindah keadaan rumah, akan tetapi memiliki rumah dengan mayoritas ruang gerak sangatlah membantu. Tidak hanya itu, memiliki rumah minimalis juga akan membantu seseorang untuk belajar akan menyortir barang mana yang memang dapat digunakan, dan barang mana yang dapat diberikan atau dijual kembali sehingga tidak memenuhi tempat.

Desain Minimalis Memiliki Manfaatnya Sendiri

Walaupun rumah minimalis hanyalah salah satu dari ribuan tipe rumah, tetapi desain ni memiliki beberapa manfaat tersendiri. Salah satunya adalah mengurangi rasa stres. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, clutter memperkecil ruang gerak. Tidak hanya itu, clutter merupakan sebuah gangguan visual. Semakin sedikit Anda memiliki barang, semakin Anda tidak akan merasakan stres berlebih. Hal tersebut karena rumah dengan tipe minimalis sangat menenangkan.

Selanjutnya, desain minimalis memiliki daya tarik tersendiri. Bayangkan saja sebuah rumah yang dipenuhi barang, kemudian bandingkan dengan rumah yang memiliki sedikit perabotan. Meskipun minimalis memang mendukung sedikitnya perabotan, akan tetapi perabotan yang ada merupakan perabotan yang memang memiliki fungsi dan dapat digunakan. Selain itu, Anda juga dapat memfokuskan perhatian Anda dengan barang-barang lain seperti hiasan dan dekorasi yang indah. Walaupun minimalis, tetapi perabotan yang ada harus tetap elegan, dan desain interior harus tetap indah dan dilengkapi dengan dekorasi mumpuni.

Terakhir, memiliki rumah minimalis sangat membantu dalam mempermudah bersih-bersih. Ketika Anda memiliki banyak sekali barang, Anda akan merasa kesulitan untuk membersihkan rumah secara keseluruhan. Semakin banyak barang yang Anda simpan, semakin susah bagi Anda untuk melakukan deep cleaning.

Beginilah Penampilan Rumah Minimalis

Meskipun tidak semua rumah dengan desain minimalis terlihat seperti ini, tetapi Anda dapat memulai dengan tahap memiliki sedikit perabotan. Dalam satu ruangan, dalam hal ini contohnya ruang tamu, Anda hanya memerlukan barang yang benar-benar penting saja. Beberapa di antaranya adalah sofa untuk tiga orang, love seat, meja kecil untuk menaruh remot televisi, kunci, atau tanaman, rak minimalis untuk menaruh koran atau majalah, televisi, lampu gantung, dan lampu meja.

Kemudian, dalam rumah yang minimalis biasanya Anda harus memiliki permukaan datar yang bersih. Misalnya untuk sebuah meja Anda hanya perlu mendekorasinya dengan satu atau dua perabotan saja.

Meskipun rumah minimalis harus memiliki sedikit perabotan, akan tetapi hal tersebut hanya akan terlihat membosankan. Maka dari itu, rumah juga harus didekorasi dengan hiasan. Biasanya, rumah minimalis memiliki dekorasi seperti beberapa vas bunga atau tanaman, kemudian untuk hiasan meja biasanya ada dekorasi berupa sebuah foto keluarga. Selanjutnya, untuk hiasan dinding sendiri biasanya ada beberapa hiasan dinding.

Tips Memulai Desain Minimalis

Untuk mulai memiliki rumah dengan desain minimalis, Anda tidak harus memulai dengan seluruh isi rumah. Pertama, Anda cukup mulai dari satu ruangan saja. Dari satu ruangan tersebut, Anda dapat menjadikannya sebagai inspirasi untuk desain ruangan selanjutnya. Kemudian, Anda dapat memulai dengan perabotan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, perabotan harus yang penting-penting saja dengan desain yang minimalis sehingga sesuai dengan tema ruangan. Untuk warna sendiri, biasanya warna yang digunakan dalam desain minimalis adalah warna solid.

Untuk lantai sendiri, rumah minimalis hanya memenuhi lantai dengan perabotan saja. Anda tidak perlu menaruh barang lain di atas lantai. Apabila Anda ingin menambahkan dekorasi untuk lantai, satu atau dua untuk setiap ruangan sudah cukup. Salah satunya adalah karpet. Tetapi, karpet juga harus yang memiliki warna solid agar tidak bertabrakan dengan desain yang telah Anda pilih untuk ruangan minimalis tersebut.