Cara Agar Kamar Minimalis Tampak Lebih Luas

Tips Dekorasi Ruangan Kecil Menjadi Tampak Luas

Dekorasi interior maupun desain tidak tergantung pada ukuran. Soal besar atau kecilnya sebuah ruangan, sangat bergantung pada seperti apa pilihan furnitur yang digunakan. Ingatlah bahwa tidak ada ruang yang sangat kecil, yang ada adalah penggunaan furnitur yang tidak sesuai dengan komposisi ruangan.

Dalam aspek desain interior, ukuran standar sebuah ruangan tergantung pada fungsi dan tujuan penggunaan ruangan tersebut. Untuk area kamar tidur saja misalnya, kamar tidur utama biasanya disarankan untuk berukuran sebesar 4×5 m, atau sekitar 20 meter persegi. Hal ini didasarkan pada asumsi ukuran dan furnitur yang akan digunakan.

Lalu masalahnya, jika ukuran atau luas kamar tidur di rumah Anda tidak memiliki ukuran seperti yang dianjurkan, bisakah diakali supaya terlihat nyaman dan ideal? Tentu saja bisa. Simak tips berikut yang menjelaskan bagaimana merancang kamar tidur minimalis terlihat lebih luas.

Memilih Warna Cat yang Tepat

Warna putih dikenal sebagai warna yang tidak pernah gagal membuat ruangan kecil menjadi terasa luas dan lapang. Warna netral selain hitam ini, sangat cocok digunakan untuk kamar tidur berukuran kecil atau minimalis. Namun berhati-hatilah,  karena warna ini diperkirakan memiliki sedikit kekurangan, yaitu kesan membosankan.

Untuk memvariasikannya, Anda bisa menambahkan unsur warna lain agar kamar tidur memiliki varian warna yang menarik dan tidak cepat membuat bosan. Sebagai tambahan, gunakan warna-warna pastel yang lembut sebagai kombinasi yang menarik untuk menciptakan kesan santai dalam ruangan yang didominasi oleh warna putih.

Jika Anda tidak memilih warna putih untuk kamar, pilihan warna gelap juga sebenarnya sah-sah saja untuk digunakan. Namun ingat, hindari penggunaannya secara berlebihan. Jadikan warna gelap hanya sebagai aksen, atau hadirkan nuansa warna gelap di salah satu bagian dinding kamar saja.

Hiasan Dinding

Ukuran ruangan yang kecil bukan merupakan sebuah hambatan untuk Anda untuk berkreasi. Jika Anda memilih untuk membiarkan dinding berwarna putih polos, Anda bisa menggunakan hiasan seperti lukisan, foto, quotes atau bahkan tanaman yang bisa digantung di dinding. Dengan menambahkan hiasan dinding, akan menjadikan kamar tidur Anda terlihat lebih memiliki nilai estetika.

Mengkreasikan Dinding

Anda juga bisa menjadikan kamar tidur yang kecil lebih menarik secara visual dengan mendekorasi dindingnya. Gunakanlah wallpaper, bata ekspos atau merancang sebuah storage berbentuk rak dinding agar kamar minimalis Anda terlihat lebih ‘hidup’. Dekorasi dinding yang unik bisa menjadikan ruangan memiliki daya tarik maksimal.

Jendela Besar di Tengah Ruangan

Jika Anda ingin membangun atau merenovasi kamar tidur, sebaiknya tempatkan posisi jendela persis di tengah ruangan. Jendela yang ditaruh di tengah ruangan adalah titik fokus penempatan tempat tidur yang bisa menciptakan kesan nyaman.

Memilih Furniture Kamar yang Pas

Jenis furnitur tanam merupakan pilihan perabotan yang cermat untuk kamar tidur minimalis. Furnitur model ini dirancang khusus untuk menyesuaikan dengan bentuk ruangan dan dibuat menempel di bagian dinding, sehingga menjadikannya lebih hemat ruang.


Namun, jika Anda tidak ingin menerapkan konsep built-in, Anda bisa menggunakan furnitur dengan bentuk yang sederhana dan memiliki ukuran compact. Jika kamar Anda minimalis, ukuran adalah hal yang harus selalu dipertimbangkan. Anda harus cermat menyesuaikan kebutuhan furnitur dengan luas ruangan.

Cermin

Ini adalah salah satu tips dan trik yang menjadikan ruangan kamar yang kecil terlihat lebih luas. Dengan menambahkan cermin besar ke dalam kamar tidur yang kecil, bisa membuat ruangan tersebut terlihat lebih luas. Kemampuan reflektif cermin, mampu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga area kamar akan terasa lebih terang dan hangat.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus mengetahui cara terbaik memasang cermin. Sebab, jika Ada melakukan kesalahan saat memasangnya, sama saja dengan elemen dekoratif lainnya, alih-alih membuat kamar terkesan luas malah justru membuatnya terlihat berantakan. 

Jadi begitulah tips dan trick yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi ruangan kamar yang kecil bisa terlihat lebih luas dan lapang. Semoga Berhasil!